07 February 2015





Demam sering diartikan oleh banyak orang sebagai penyakit, dulu saya juga beranggapan seperti itu, tapi suatu ketika saat saya merasakan demam ada ustadz yang berkunjung ke kontrakan lalu tanya sakit apa? saya jawab demam, tapi beliau malah menjawab demam itu bukan penyakit tapi gejala, sama dengan kemiskinan masyarakat dan kebodohan masyarakat itu bukan penyakit tapi gejala, gejala seperti ini muncul dikarenakan ada penyakit yang menjadi akar masalahnya, kembali pada demam, demam memang bukan penyakit tapi gejala dari suatu penyakit tertentu. Temukan penyakitnya begitu kata ustadz saya.

Menurut yang saya sering temukan dilapangan demam ala mahasiswa sering disebabkan dua penyakit  yaitu influenza dan tifus namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang influenza atau akrab kita sebut dengan flu. 

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA, diantara gejala yang ditunjukannya adalah badan demam, menggigil, kepala pusing, hidung tersumbat dll. Flu merupakan penyakit yang menular, biasanya jika pada satu tempat ada orang yang terkena flu maka yang lain dalam beberapa hari kemudian ikut tertular.

Menurut informasi yang saya dapatkan flu sejatinya tak dapat diobati dengan obat baik tradisional maupun kimiawi, satu-satunya yang dapat mengalahkan virus influenza adalah sistem kekebalan tubuh. berikut beberapa tips yang saya lakukan ketika merasakan badan meriang dan muncul gejala-gejala flu.

  1. Banyak istirahat, istirahat tidak harus tidur, tidur yang ideal 5 jam sehari dengan waktu tidur tidak pada waktu yang buruk untuk tidur yaitu (habis subuh hingga menjelang siang, habis maghrib hingga waktu isya)
  2. Makan dan minum yang sehat (jangan makan mie dulu, badan lagi lemah nanti malah kekurangan gizi, hehe)
  3. Perbanyak makan buah yang mengandung vitamin C, kebiasaan saya jika badan mulai terasa tidak nyaman saya langsung beli jeruk ke toko buah, lumayan murah dibandingkan dengan jus, jika jeruk sunkis 5000 dapat 2 buah, jika jeruk biasa bisa dapat 3-5 buah tergantung ukuran, konsumsilah sehari 2 buah hingga tubuh terasa kembali fit, jika dirasa susah (tidak ada yang jual jeruk dekat kos) bisa diganti dengan minuman yang mengandung vitamin C pada minimarket atau toko klontong sekitar kos ada banyak sekali minum-minuman yang mengandung vitamin C. mengapa vitamin C karena akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan dengan kekebalan tubuh itulah akan membantu melawan virus penyebab influenza.
  4. Jika dikos atau kontrakan ada alat memasak, bisa dicoba dengan membuat minuman jahe sederhana, beli jahe, gula merah, dan gula pasir. Panggang jahe beberapa saat diatas nyala api hingga warna kulit kehitaman sedikit (tidak sampai gosong), lalu digeprek hingga berbentuk sedikit pipih (jangan sampai pipih banget) lalu rebus air bersama jahe yang sudah digeprek tadi, tambahkan gula merah dan gula pasir secukupnya (sesuai selera). Biasanya saya membuatnya pada saat habis sholat subuh dan dingin-dingin ditemani jahe manis hangat rasanya nikmat sekali, selalu teringat minuman penghuni surga yang diceritakan Allah dalam al quran.

yupz, itulah tips singkat saya dan yang biasa saya lakukan ketika badan mulai terasa meriang dan gejala flu mulai menyerang. Perlu senantiasa kita ingat bahwa kesembuhan bukan dikarenakan obat namun dikarenakan Allah yang hendak menyembuhkan kita, dan Allah menyembuhkan melalui perantara obat-obat yang sudah Allah ciptakan, maka sudah sewajarnya kita menyerahkan kepada Allah atas segala hasilnya dan tugas kita adalah menyempurnakan ikhtiar agar terpenuhinya sebab-akibat sembuhnya penyakit tersebut.

Wallahualam

[ef]